Masuk ITB Bukan Omong Kosong Bareng Zenius


Finally, wacana lama akhirnya bisa dieksekusi. Udah lama gua kepikiran mau nulis blog, tapi gak jadi-jadi. Kebetulan banget nih Zenius bikin kompetisi blog, jadi wacana gua "terpaksa" dieksekusi. By the way, kenapa gua mau nulis blog? Selain untuk sekedar mengisi waktu luang, sebuah kutipan bijak yang gua dapet dari blog Zenius Tips Panduan Menulis Blog berkata:
"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian"  - Pramoedya Ananta Toer
Sebelumnya kenalin guys, nama gua Daniel Ryan. Disini gua mau berbagi cerita tentang perjuangan gua diterima di kampus impian gua bareng Zenius. Gua ini bukan anak yang udah pinter dari kelas 10, guys. Sebaliknya, waktu kelas 10 bagi gua, tiada ulangan tanpa remed (perbaikan), gak semua pelajaran sih, paling sering itu mata pelajaran sains (padahal anak IPA), terutama Matematika dan Kimia. Padahal setelah gua mulai kenal Zenius, belajar pelajaran sains itu asik banget sob. Gua sampe nyesel karena pernah benci sama pelajaran sains.

Cukup deh bagian pendahuluannya hehehe. Lebih lanjutnya simak cerita gua nih, guys. Jadi begini ceritanya, awalnya gua itu........

Males Banget Belajar

Kelas 10 adalah masa dimana nilai rapor gua paling parah dalam sejarah hidup gua. Nilai-nilai gua kebanyakan "nyentuh-nyentuh" KKM. Waktu itu gua males banget belajar. Gua gak ngerti banget sama konsep-konsep materi yang diajarin di sekolah (terutama peajaran sains), akibatnya gua sering ngantuk di kelas. Apalagi pas pelajaran Kimia, gua sampai pernah ditegur guru Kimia karena keliatan gak fokus waktu bener-bener gak bisa tahan sama rasa ngantuk. Alhasil, nilai ulangan kimia gua selalu minim dan langganan ikut perbaikan.

Selain pelajaran kimia, "Kebodohan" gua waktu kelas 10 gak sampe disitu aja, guys. Gua juga pernah dapet nilai nol di ulangan Matematika. NILAI NOL, guys!!! Seumur-umur gua kira nilai nol itu cuma ada film-film atau cerita-cerita aja. Logika gua, masak sih pas ulangan bisa-bisanya gak ada satu nomer pun yang bisa diisi. Eh ternyata nilai nol itu bukan mitos, malah gua sendiri yang ngalamin, miris..... Akhirnya dapet ceramah deh dari nyokap.

Kelas 11 gak beda jauh dari kelas 10, walaupun nilai-nilai gua "agak" membaik. Peningkatan yang sedikit itu akibat dari kesadaran yang udah mulai muncul untuk belajar akibat dari buruknya nilai-nilai di kelas 10. Jadi, gua mulai ada usaha buat belajar, tapi penyakit ngantuk pas belajar tuh masih ada. Rasanya masih gak ada motivasi untuk belajar. Gua sering bertanya-tanya, "Buat apa gua belajar ini semua?" Jadi, pencapaian akademik gua di kelas 11 gak beda jauh dari kelas 10.

Pencerahan di Kelas 12

Di awal kelas 12, gua mulai khawatir dengan nasib gua setelah lulus SMA. Nilai-nilai gua di kelas 10 dan 11 parah jeleknya, yang mana artinya juga pemahaman gua tentang materi-materi pelajaran di kelas 10 dan 11 itu payah banget. Gua mulai bertanya-tanya dalam hati, "Bisa gak nih gua diterima kuliah?"

Waktu itu gua dapet broadcast nama-nama kakak kelas yang diterima di PTN. Beberapa ada yang diterima di ITB. Wah keren banget, apalagi beberapa dari yang diterima di ITB itu orang-orang yang gua kenal baik. Sejak awal SMA gua udah kenal sama kampus favorit yang satu ini. Gua juga sempet bercita-cita kuliah di ITB tepatnya di jurusan Informatika. Dari dulu gua udah hobi sama hal-hal berbau IT, terutama programming. Hobi yang satu ini nih yang kadang bikin gua males belajar di kelas 10 dan 11 (selain hobi gaming).

Cita-cita untuk kuliah di ITB muncul lagi waktu itu. Gua pun sadar untuk bisa diterima disana itu bener-bener gak mudah. Jalur SNMPTN.... ah lupakan saja, gua cukup sadar diri dengan nilai-nilai rapor gua, bahkan dengan perbaikan nilai di kelas 12 pun tetep gak akan cukup bersaing di jalur itu. Jalur satu-satunya adalah SBMPTN.

Masalahnya, as you know, selama gua kelas 10 dan 11.... "GUA UDAH BELAJAR APA AJA YA?" Apalagi gua denger-denger, SBMPTN itu sulitnya bukan main dan persaingannya luar biasa ketat. Dari tahun ke tahun, cuma sekitar 17% aja yang lolos SBMPTN (sumber: Blog Zenius). Kalau begini, jangankan mau kuliah di ITB, dapet kuliah di PTN aja udah meragukan.

Berkenalan Dengan Zenius

Suatu hari gua iseng cari-cari artikel di internet tentang pengalaman-pengalaman orang lain yang pernah sukses di SBMPTN. Tujuannya mau tahu aja gimana sih perjuangan mereka. Ada satu artikel yang penulisnya diterima di ITB. Setelah gua baca, cukup umum sih cara belajarnya seperti sering Try Out, ikut les yang rajin, dan......... Zenius.net

Wait.... What? 

Apaan tuh Zenius

Langsung deh gua coba cari tuh website-nya. Ternyata isinya video-video yang mengulas materi-materi sekolah dan materi SMA-nya lengkap dari kelas 10 sampai kelas 12. 

Gua harus belajar dari awal kelas 10 lagi, karena pemahaman materi gua payah banget, sedangkan untuk menaklukan ujian sekaliber SBMPTN butuh pemahaman materi yang kuat.  Tapi gimana cara gua mengulang materi sebanyak itu? Baca buku dari awal kelas 10? Terdengar lama dan membosankan. Pas tahu ada website semacam Zenius, seolah-olah ada secercah harapan muncul dari layar laptop gua. Belajar secara audio-visual pake Zenius kayaknya asik nih, apalagi materinya lengkap, wah ini yang bener-bener gua butuhkan untuk "belajar ulang".

Zenius Mengubah Gua Menjadi Jenius

Gua coba tuh tonton video-videonya. Eh ternyata untuk mengakses lebih banyak video-nya mesti jadi premium member. Ah murah kok kalau dibandingkan dengan biaya bimbel-bimbel biasanya, bahkan sangat jauh lebih murah. Langsung deh bilang orang tua. Sebenernya gua udah di daftarin bimbel sama orang tua sejak awal kelas 12. Tapi gua merasa kurang cukup untuk memenuhi tujuan gua "belajar ulang". Setelah mendengar alasan gua, orang tua setuju.

Mulai deh gua explore lebih banyak video. Wah ternyata keren banget, entah kenapa gua lebih ngerti belajar di Zenius daripada belajar di sekolah. Mungkin karena cara mengajar tutor Zenius selalu mengedepankan pemahaman "konsep" di tiap materi. Dengan begitu, materi-materi yang tadinya gua pikir sulit jadi mudah dipahami dan gua pun bisa berkata, "Oh iya juga ya, masuk akal!"

Selain itu, ada satu bagian di Zenius yang isinya bukan video-video materi sekolah, tapi semacam tips-tips belajar yang efektif, permasalahan dalam belajar dan motivasi untuk belajar. Itu ada di bagian Zenius Learning. Nah ini nih yang ngaruh banget buat gua. Masalah utama gua dalam belajar adalah gua itu males. Nah masalah gua itu dibahas secara gamblang sama Kak Sabda (tutor di Zenius Learning). Pikiran gua jadi lebih terbuka untuk belajar dan diri gua jadi lebih termotivasi buat belajar. Pokoknya ajaran-ajarannya Kak Sabda itu seolah-olah obat buat masalah gua selama ini deh.

Hari demi hari gua belajar sama Zenius. Pagi sampai sore belajar di sekolah, malamnnya gua ngulik materi-materi kelas 10 atau 11 di Zenius. Gua gak bikin jadwal yang terorganisir sih kayak tiap hari apa gua bakal belajar mata pelajaran apa. Pokoknya gua belajar dari materi yang paling mudah gua pahamin dulu, tapi kadang-kadang gua suka tertantang untuk langsung pelajarin materi yang susah. Semakin gua paham, gua semakin tertarik untuk tahu lebih banyak. Gua udah gak lagi mikirin "Untuk apa sih gua belajar ini semua?" Di kelas, gua enjoy sama materi yang diajarin, gak lagi ngantuk. Nilai-nilai gua di kelas 12 juga semakin membaik. Gua hampir gak pernah ikut ulangan perbaikan lagi di kelas 12.

SBMPTN: The Real Problem

By the way, setelah "training motivasi" dengan Zenius Learning, gua memberanikan diri memasang target ITB sebagai PTN tujuan gua. Kata Kak Sabda, motivasi itu harus jelas dan sespesifik mungkin. Kalo motivasi gua cuma mau kuliah di PTN, bisa dibilang motivasi itu kurang kuat, efeknya lemah ke semangat belajar gua. Jadi, sudah diputuskan..... STEI ITB sebagai target gua, karena di fakultas itu ada jurusan Informatika, jurusan incaran gua. 

"Duh... materi kelas 10 dan 11 aja belom hatam, malah pasang target ITB, udah gitu STEI lagi, yang katanya peminatnya paling banyak."

Hahaha... jangan ditiru kenekatan gua nih, guys. Tapi boleh juga sih ditiru. Eh terserah deh, tapi resiko tanggung sendiri ya hahaha. 

Okay, nilai kelas 12 gua emang membaik, tapi nilai rapor gua gak akan membantu gua dapet ITB. Gua udah gak berharap deh di jalur SNMPTN. Apalagi anak yang ranking satu di angkatan gua pilih STEI ITB juga. Itu sih udah keajaiban kuadrat kalo gua diterima di ITB lewat jalur SNMPTN. Tapi waktu pendaftaran jalur SNMPTN, gua tetep pilih STEI ITB di pilihan pertama, guys. Hahaha, mau gimana lagi, sudah diputuskan, target STEI ITB.

Masalah gua yang sebenarnya adalah SBMPTN. Pertama kali gua Try Out SBMPTN, TKPA sih okelah, eh waktu tes saintek..... GUA GAK TAU APA-APA! Waw, sesulit inikah SBMPTN? Yaudah daripada kosong, gua usahain deh isi, cuma dapet kalo gak salah antara 3-5 nomor dari 60 soal. Gua gak inget skor akhir gua berapa waktu itu. Tapi bisa dikira-kiralah itu rendah banget, ngerjain TKPA juga pas-pas kok. Gua merenung sendiri abis Try Out. Sekali lagi gua berpikir, "Jangankan dapet ITB, kalau skor kayak gitu sih bakal ngulang tahun depan gua." 

Gua kencengin lagi deh belajar gua. Waktu liburan akhir semester satu (di kelas 12) gua pake buat latihan soal dan nge-zenius ria. Walaupun kadang-kadang rasa males masih muncul sih, tapi gua berusaha buat mengingatkan diri gua, "Target lu tuh susah banget men, lu juga harus bersusah-susah dari sekarang." Nah supaya gua lebih inget sama target gua dan bisa termotivasi terus, gua tulis deh target gua di kertas A4 terus gua tempel di meja belajar gua. Selain itu, gua juga bikin wallpaper di laptop gua, tujuannya supaya gua selalu inget target gua waktu lagi males-malesan di depan laptop.

Biar gak HOAX nih, guys:

Tempel di Meja Belajar

Wallpaper Laptop

Hari demi hari belajar dengan Zenius, gua semakin sering bilang, "Oh jadi gitu ya....!" Ada rasa puas tersendiri waktu gua udah paham materi-materi yang dulu gua anggap susah. Ternyata materi-materi yang dulu gua anggap susah, sebenernya gampang. Ah seandainya gua udah kenal Zenius sejak kelas 10, gua dari awal bakal seneng untuk belajar

Walaupun semakin lama, semakin banyak materi yang gua pahami, tapi skor demi skor hasil Try Out masih belum menunjukan tanda-tanda gua bakal diterima di STEI ITB. Sekedar paham ternyata belum tentu bisa memecahkan masalah yang disajikan di soal SBMPTN. Setelah cukup sering Try Out, skor SBMPTN gua naik turun di sekitar 50% (bisa lebih, bisa kurang). Walaupun belom hatam, tapi dengan semakin banyak materi yang gua pahami, lumayanlah bisa semakin banyak ngerjain soal uji saintek yang menakutkan pada awalnya.

Full Time with Zenius

Tidak terasa Ujian Nasional semakin dekat yang menandakan kalau SBMPTN juga semakin dekat. Waktu itu gua gak terlalu bergairah ikut-ikut Try Out Ujian Nasional. Fokus gua lebih ke SBMPTN. Jadi pikir gua waktu itu, yah sekedar memenuhi kriteria aja deh nilai UN-nya. Waktu hasil UN keluar, reaksi gua pun biasa aja. Nilai UN gua juga biasa aja, kebanyakan angka tujuh dan delapan.

Gak lama setelah pengumuman hasil UN, keluarlah hasil SNMPTN. Gua gak terlalu kaget liat tulisan "maaf" di layar laptop gua. Gua lupa screenshot halaman SNMPTN-nya, tapi ini bukan hoax ya, guys, hahaha (berharapnya sih hoax). Tapi di hari itu, gua agak merasa.... hmm.... cukup sulit dijelaskan. Pokoknya gua merasa gak enak dalem hati karena melihat temen-temen yang gua kenal baik banyak yang diterima di jalur SNMPTN, sedangkan gua enggak, bahkan temen satu SMP gua ada dua orang yang diterima di ITB. Gua seneng sih banyak temen-temen gua yang lolos, tapi hmm... mungkin sedikit envy campur penyesalan kali ya. Di hari itu gua agak kendor belajarnya. Walaupun ketidaklolosan gua udah diprediksi, tapi tetep ada sedikit serangan batin hehehe. Mulai hari itu gua pun semakin khawatir, "Duh gimana kalo gua gagal di SBMPTN ya." Ada sedikit penyesalan karena nekat pilih STEI ITB untuk SNMPTN. Pokoknya ada banyak pikiran lewat di otak gua waktu itu.

Kalo kata Kak Sabda di Zenius Learning di bagian motivasi, motivasi itu ada dua pemicunya: fear dan gain. Konon katanya fear berkali-kali lipat lebih kuat efeknya. Bener banget, gua takut bakal mengecewakan orang tua gua kalo gak lolos SBMPTN dan gua takut kalau harus nganggur setahun. Karena itu, gua jadi makin semangat buat belajar. Selain itu, tiap kali orang-orang tanya ke gua, "Mau kuliah dimana?" Gua selalu jawab STEI ITB. Nah, fear gua yang lain adalah gua takut jawaban gua itu cuma bakal jadi omong kosong

Pengumuman SNMPTN 2016 itu tanggal 9 Mei, sedangkan tes SBMPTN tanggal 31 Mei. Gua punya waktu kurang dari sebulan. Mulai saat itu, kebiasaan belajar gua mulai menggila. Setiap hari, kerjaan gua cuma belajar. Gua print tuh soal-soal yang tersedia di Zenius. Sehari-hari kerjaan gua cuma duduk di kamar dengan pintu tertutup, kerjain soal-soal Zenius, dan nonton pembahasan soal. Sebenernya gua masih ada jadwal bimbel sih untuk persiapan SBMPTN, tapi gua skip, gua lebih pilih belajar sama Zenius. Kadang-kadang gua belajar bareng sama temen-temen gua yang juga gak lolos SNMPTN, kita kerjain soal Try Out bareng atau kerjain soal-soal Zenius yang udah gua print buat dikerjain bareng. 

Bulan Mei bener-bener puncaknya usaha gua buat lolos SBMPTN. Gua gak peduli lagi deh sama jam, sehari-hari gua cuma belajar dan belajar. Gak ada rasa bosen, gak ada rasa males, paling cuma capek hahahaha. Gua babat terus deh itu soal-soal di Zenius. Gua membatasi waktu tidur gua, jadi gua cuma boleh tidur enam jam sehari, gak boleh lebih. Jadi mau tidur jam berapa pun pas udah capek, yang penting gak boleh lebih dari enam jam. Badan gua sih nurut-nurut aja, lagipula fear gua cukup besar waktu itu. Efeknya adalah kadang-kadang gua suka ketiduran di meja belajar kalo udah gak tahan capek, hahaha.

Pokoknya yang ada di pikiran gua cuma lolos SBMPTN dan diterima di STEI ITB waktu itu. Supaya semangat gua gak kendor, gua suka memvisualisasikan seandainya gua diterima di STEI ITB, seandainya gua melihat tulisan "Institut Teknologi Bandung" di halaman pengumuman SBMPTN, seandainya nama gua terselip di dalam broadcast nama-nama siswa-siswi yang diterima di PTN dengan tulisan STEI ITB disamping nama gua dan gua membayangkan bagaimana senengnya orang tua gua. Gua juga sering nonton video OSKM ITB Series di Youtube. Itu adalah video dokumentasi ospek di ITB. Video itu bener-bener memompa semangat gua waktu lagi capek belajar. Sembari menonton, gua membayangkan diri gua ada di video itu sambil mengenakan almet bercap gajah duduk. Waktu itu, video OSKM ITB adalah hiburan favorit gua.

Hari demi hari berlalu dengan konsentrasi penuh untuk belajar. H-1 tes SBMPTN gua berhenti dari belajar keras. Maunya sih istirahat tanpa menyentuh materi SBMPTN sedikit pun, tapi fear-nya itu muncul kalo gua sama sekali gak nyentuh materi SBMPTN. Akhirnya, gua cuma nonton ringan aja pembahasan soal SBMPTN tahun-tahun yang belom pernah gua tonton di Zenius. Gua nonton santai tanpa berpikir keras sambil makan camilan. H-1 SBMPTN gua tidur lebih awal supaya bisa bangun pagi-pagi. Sebelumnya gua udah persiapkan tuh semua keperluan buat tes. Di hari itu gua bener-bener jaga makanan yang gua makan supaya jangan sampe hasil belajar gua sia-sia hanya gara-gara sakit perut pas ujian.

Facing the Giant!

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu, waktunya usaha gua diuji apakah sudah layak untuk menjadi mahasiswa STEI ITB atau masih kurang (atau harus mengulang tahun depan). By the way, waktu itu pilihan pertama gua STEI ITB, kedua Ilmu Komputer UI, dan ketiga Sistem Informasi UI. 

Gua berangkat pagi-pagi bareng bokap karena lokasi ujian di daerah Salemba, Jakarta, sedangkan rumah gua di Bekasi Barat. Gua minta doa dulu dari orang tua. Khawatir terjebak macet (u know Jakarta) jadi gua berangkat jam lima pagi. Ternyata berselang setengah jam, gua udah sampe di lokasi, hahaha. Matahari belum sepenuhnya tampak. Di lokasi ujian udah cukup banyak peserta berdatangan, padahal masih pagi banget.

Masuk ke ruangan dijadwalkan jam tujuh. Gua menunggu di depan ruangan tempat ujian gua sembari berdiri santai bersandar di dinding dan mendengarkan lagu pakai headset. Itu cara gua supaya gak nervous. Beberapa lagu yang gua putar adalah backsound dari video OSKM ITB Series. Lagunya bikin gua bersemangat. 

Waktunya masuk ke ruangan. Seorang ibu (yang tampaknya berprofesi sebagai guru) dan seorang mahasiswi berjaket kuning sudah menunggu di dalam ruangan. Waktu itu gua pakai jam tangan supaya bisa mengukur waktu pas ngerjain soal. Sayangnya, penggunaan jam tangan dilarang, dan di dalam ruangan itu gak ada jam dinding yang bekerja (jam dinding yang ada gak berfungsi), damn

Soal pertama, tes kemampuan saintek, soal-soal yang dulu gua anggap mengerikan. Gua mulai kerjain dari halaman paling belakang, bagian Biologi, lalu berurut Kimia, Fisika, terakhir Matematika. Tiga bagian awal cukup lancar, tapi saat sampai di soal Matematika....... DAMN!!! 

Gua mulai panik, karena gak ada satu pun soal Matematika yang bisa gua kerjain. Padahal beberapa hari latihan udah gua fokusin ke Matematika. Gua juga pernah ngebabat seluruh soal dan pembahasan di bagian khusus trigonometri di Zenius, yang mana Trigonometri adalah materi yang paling susah menurut gua. Tapi bahkan soal yang berbau trigonometri pun gak bisa gua kerjain. Gua takut kalau bagian Matematika bener-bener gua kosongin atau dapet nilai minus. Konon katanya kalau ada satu bagian mata pelajaran yang sama sekali kosong atau dapet nilai minus, maka otomatis peserta itu akan didiskualifikasi. Apa jadinya usaha gua selama ini kalo bakal sia-sia hanya karena gua gagal di Matematika IPA?

Gua tenangin diri saat itu. Gua coba perhatiin bener-bener soal demi soal, barangkali ada yang bisa gua kerjain. Pengalaman gua selama belajar bareng Zenius nih, guys, soal Matematika itu seringkali keliatannya aneh-aneh dan susah, tapi sebenernya teori yang dipake adalah yang udah kita tahu juga. Akhirnya gua berhasil menjawab dua soal. Cuma DUA, guys! Itu pun gua belom yakin bener. Satu soal gua jawab dengan logika dan soal satu lagi gua jawab dengan mencocokan option dengan persyaratan soal. 

Next... soal TKPA. Bagian TPA di tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Menurut gua, soal logikanya lebih rumit, tapi kalau bisa memodelkan ke aturan logika Matematika bisa kok. Ada juga soal jenis baru, yaitu soal sebab-akibat dan soal membaca tabel. Selain itu, soal pola gambarnya pun lebih rumit. TPA memang unpredictable. Berbeda dari Matematika IPA, Matematika Dasar bisa gua jawab cukup lancar. Soal bahasa gak gua kerjakan terlalu banyak. Salah satu kelemahan gua di TKPA adalah soal bahasa, karena gua merasa seolah-olah gak ada standar yang pasti untuk menentukan jawaban yang paling benar.

Pengumuman!

Finally, tes SBMPTN selesai. Satu hal yang paling mengkhawatirkan buat gua dan bikin gua gak tenang tidur adalah Matematika IPA. Kalau gak ada satu pun jawaban gua yang bener di Mat-IPA, tamatlah gua. Gua jadi hopeless lolos di STEI ITB, jangankan ITB, lagi-lagi nih gua jadi ragu bakal dapet PTN. Apalagi tes TKPA gak sampai 80% gua kerjain. 

Berselang 28 hari kemudian, hasil SBMPTN diumumkan. Akhirnya, setelah sekian lama gua dibuat galau, sebentar lagi bakal lepas kegalauan gua. Gua udah siap deh terima hasil apapun. Gak diterima di ITB juga gak apa-apa deh, bisa kuliah di PTN tahun ini aja udah bersyukur gua. Kalau gak keterima kuliah di PTN, ya mau gimana lagi, gua harus menerima segala kemungkinan.

Gua memutuskan untuk buka website pengumuman jam setengah tiga siang, padahal pengumuman dibuka jam dua siang. Pertama-tama gua buka website utamanya. Duh ternyata lama banget. Wajar sih, pasti lagi banyak yang buka juga. Gua sambil buka face**** tuh waktu itu. Eh ada temen gua nanyain gimana hasil SBMPTN gua. Ya gua jawab belom liat karena server-nya rame. Temen gua nyaranin buka mirror Unsri. Gua ikutin, eh ternyata cepet banget. 

Pertama-tama gua input nomor peserta dan tanggal lahir, terus input kode chaptcha. Proses input selesai. Terakhir tinggal tekan tombol "Lihat". Gua ambil jeda sejenak sebelum klik tombol itu. Gua doa dulu. Gua siapin mental. Sambil nutup mata dengan satu tangan, tangan gua yang lainnya menjangkau mouse untuk segera menekan tombol "Lihat". Dari sela-sela jari tangan gua, gua melihat halamannya sudah berganti. Gua intip sedikit lagi, lalu gua melihat nama gua, nomor peserta, dan tanggal lahir gua. Gua intip lagi ke bawah sedikit, dan samar-samar gua melihat tulisan: 
"Sekolah Tek....."
Melihat dua kata itu, gua pun terkejut. What? Really? Gua tarik tangan gua yang menutupi mata gua. Hasil keseluruhannya adalah:

Pengumuman SBMPTN
Gua hampir gak percaya dengan apa yang gua lihat di layar laptop gua. It's miracle! Gua yang jarang menangis ini, dibuat menangis oleh hasil SBMPTN. Gua nangis bahagia di depan laptop gua. Gua merasa puas banget. Akhirnya jawaban yang sering gua berikan ke orang lain tentang target gua menjadi mahasiswa ITB, sekarang bukan omong kosong. 

Padahal dulu, gua ini anak pemalas dan "bodoh". Anak yang pernah dapet NOL di ulangan Matematika. A lot of thanks to Zenius yang udah mengajarkan gua esensi dari belajar dan banyak tips-tips tentang target, motivasi, dan lain-lain.

Sebagai penutup nih, guys....
Ada pepatah favorit gua dalam bahasa arab berkata "Man Jadda WaJada", yang artinya:
"Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil"
Semoga menginspirasi!

DRL
DRL

Latest
First

9 komentar

Unknown
AUTHOR
9 Agustus 2016 pukul 17.47 Reply Delete Delete

Semangat INTEGRASI & kuliahnya nanti :)

avatar
Unknown
AUTHOR
21 Agustus 2016 pukul 00.20 Reply Delete Delete

Minta contact lu dong, mau tanya tanya ttg stei

avatar
DRL
AUTHOR
26 September 2016 pukul 08.23 Reply Delete Delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
DRL
AUTHOR
26 September 2016 pukul 08.25 Reply Delete Delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Unknown
AUTHOR
22 Januari 2017 pukul 02.04 Reply Delete Delete

Wah ini kak daniel! saya iseng-iseng search keyword perjuangan masuk ITB. eh nemu blog kaka. pas dibaca kok namanya daniel ryan... di ITB juga.. apa iya alumni 5? hehe. ternyata iya! Tulisannya menginspirasi banget kak:D

avatar
Nulis
AUTHOR
2 Februari 2017 pukul 16.07 Reply Delete Delete

Bro buka email. gua ngirim email ke elo kemaren. dibacalah, dan dibalas

avatar
Primanta
AUTHOR
18 Maret 2017 pukul 21.13 Reply Delete Delete

Gan, ente anak Sman 5 bekasi ya?

avatar
Unknown
AUTHOR
8 Mei 2018 pukul 06.25 Reply Delete Delete

Total soal yang dijawab dan yang benar dijawab di Saintek berapa kak per mapel?

avatar
Pete Berg
AUTHOR
12 Juli 2019 pukul 07.35 Reply Delete Delete

Gokilll.... semoga bisa menyusul di STEI, amin

avatar